Email :ummetrofakultashukum@gmail.com

PANAMA PAMPERS

02 Mei 2016
07:57:34 WIB

Membahas mengenai panama pampers lagi hangat-hangatnya karena mengenai hal ini lagi baru-baru di bahas oleh dunia. pembahasan ini melibatkan banyak negara jadi kita bahas sedikit saja lah...biar update sedikit...

Berapa jumlah nol-nya ketika disebutkan 11 ribu triliun? Kalau kata orang betawi, bererot atau berderet2. Jangan kaget, sekian besar itulah potensi uang orang2 Indonesia yang diparkir di luar negeri, di negara tax heaven atau negara dgn tarif pajak yg sangat rendah.

Negara tax heaven memang surga bagi pemilik uang besar. Mereka bisa menyimpan uangnya tanpa takut dikejar2 pajak, karena data2 mereka aman. Biasanya nama mereka tidak tercantum dalam rekening, karena mereka hanya dikenal dengan nomor saja.

Jangan bayangkan negara tax heaven itu seperti negara Indonesia yang ramai. Istilah negara itu sebenarnya lebih kepada suatu penamaan saja, padahal sejatinya mereka berada di wilayah satu negara. Seperti Labuhan yang masuk dalam region Malaysia. Disana sepi, tapi banyak hotel dan ada bandaranya sendiri. Tidak ada mall, malah mirip seperti desa yang modern. Jauh dari keramaian.

Disanalah orang2 kaya yang ingin “menyembunyikan” uangnya pulang dan pergi hanya untuk membuka rekening. Sama seperti di British Virgin Islands, Mauritius, Panama dan banyak lagi.

Dan Menteri Keuangan mengindikasikan potensi uang yang beredar di “negara2” itu, sebesar total 11 ribu triliun rupiah, jika di hitung sejak parkirnya uang2 disana mulai tahun 1970, dimana 1 dollar masih 2 rebu rupiah.

Trus mau diapain uang2 itu ? Mau dirampas ? Tentu tidak-lah, karena itu juga bukan uang hasil korupsi, tapi penghindaran pajak yang tinggi.

Ada 2 opsi yang sekarang di gali dengan cermat.

Yang pertama adalah mengenakan pajak kepada para pemilik uang. Wah, kalau begitu sudah bukan “heaven” lagi namanya, tapi “hell”. Anda bisa bayangkan, uang yg di parkir nilainya triliunan rupiah, padahal itu parkir doang. Nah, kalau uang yg diparkir itu disuruh bayar pajak, bisa bangkrut bandar. Nangis bombay sambil nari2 di tiang2 atau pepohonan.

Opsi kedua adalah tax amnesty, atau pengampunan pajak. Jadi, ente gak perlu nari di pohon lagi ya, tapi ente tarik duit ente dan bawa ke dalam negeri. Uang itu bisa ditaruh di perbankan nasional yang akan menguatkan pondasi keuangan bank2. Dan dana segar itu akan disalurkan ke proyek2 infratruktur yang skrg sedang dibangun gila2an oleh Jokowi.

Nah, mau pilih mana ? Tetap disimpan diluar tp kena pajak, atau dibawa ke dalam negeri tp disalurkan dlm proyek dimana pemilik dana jg dapat keuntungan ?

11 ribu tiliun rupiah itu sungguh bukan jumlah yang sedikit. Dengan dana itu, Indonesia tidak perlu lagi banyak berhutang keluar negeri, tp mengembangkan potensi sendiri tanpa syarat2 politis yg mengikat yang biasanya diajukan IMF atau World Bank. Dan jika itu bisa terjadi dalam waktu dekat ini, potensi ekonomi Indonesia akan meluncur pesat. (copas dari Denny Siregar)

 

Tag

Share



4015 Komentar

    ayGy1i90 16 Oktober 2016

    Arlectis like this just make me want to visit your website even more.

    rjaoOoL3nn 18 Oktober 2016

    As Charlie Sheen says, this article is "WG!IINNN"

    dJPGy1zSZQ 18 Oktober 2016

    even during online auto insurance online doing requirements insurance car leading find auto insurance quotes loss state auto insurance quote part cheap cheapest car insurance filing how life insurance factor

    eDLpBxJnm57 18 Oktober 2016

    well too insurance auto quote automobile insurance pedigree dogs life insurance quote plan something making acv auto insurance more very important online car insurance quotes rightfully

    QeiqnpI8BXjC 19 Oktober 2016

    top10posts.com

    1hMSOZKP5yq 19 Oktober 2016

    autoreparatur versicherung devk

    b3WFVh1xLEu 20 Oktober 2016

    mit kreditkarte zahlen sicher

    Awal 123... 402

Form Komentar

Banner

Jurnal dan Publikasi

Buku Terpopuler

Berita Terpopuler

PERTEMUAN FORUM DEKAN FH DAN STIH PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH
Sudah memiliki rencana melanjutkan studi S1 di 2016? Atau saat

Video Terpopuler

MEDAN - Usai Ujian Nasional (UN) para siswa SMA di Kota Medan
Tanggal 9 Maret nanti gerhana matahari total melanda beberapa daerah